Langsung ke konten utama

creative brief

creative brief, ini sih intinya gimana caranya bikin content untuk tujuan marketing.

fast forward, aku menemukan bahwa konsepnya sedikit analogous dengan konsep audience-centric yang aku pelajari selama ini di course-nya bang Ogut (daftar guys, worth to buy)

contoh, untuk background & objectives dan audiences, itu ya mirip-mirip dengan siapa dan kenapa

siapa dan kenapa, itu akan menjelaskan target audiens kita (demografi) dan problem apa yang ingin kita selesaikan dari audiens tersebut.

trus mau apa, adalah hal yang diinginkan oleh audiens, atau kita ingin supaya audiens melakukan hal tersebut (desired behaviour), tentu saja agar problemnya terselesaikan.

kemudian, untuk apa dan klo gak kenapa, analogus dengan reason to believe, adalah hal yang kita utarakan kepada audiens, agar dia mau melakukan apa yang kita kampanyekan.

semuanya itu nanti akan menjadi insight, dan kemudian diproses menjadi proposition dari kampanye marketing tersebut.

biasanya proposition itu pun sudah berbentuk message, kayak: lazada kmrin punya kampanye: pengiriman cepat gratis ongkir, trus batuk di komix aja dari komix, satu lagi orang pintar minum tolak angin

Komentar