Langsung ke konten utama

Negosiasi Mazhab Kremlin

Sepertinya sudah 1,5 tahun sejak aku pertama kali berkarir sebagai seorang apoteker, dan langsung dihadapkan pada proses membangun semuanya hampir dari nol.

Waktu itu, aku untuk pertama kali menyadari gap knowledge dan skill yang amat lebar dalam karir profesional ini: ilmu komunikasi.

Hemm, begitulah temanku. Padahal ini ilmu yang sangat penting. Aku sadar betul bahwa dalam setiap pertemuan dengan sales distributor dan produk manager dari obat-obat dan alkes yang datang, tidak ada satu pun kesepakatan menguntungkan yang terjalin buat klinik yang baru ini.

Yang ada hanyalah kesepakatan standar yang sama halnya dengan outlet-outlet lain yang sudah ada. Yaa kalau begitu, untuk apa ada pertemuan dan pembicaraan jika memang yang dibicarakan sudah pasti akan disepakati?

Kalau boleh, mungkin aku akan memberikan buku Igor Ryzov ini ke aku yang hidup pada bulan November 2022 itu. Saat itu, dia pasti akan langsung membacanya hingga habis.

Komentar