Langsung ke konten utama

Cacing Cacing di Sardenmu


Ini saya bagikan berita lama yang penting, dari Badan Pengawas Obat dan Makanan mengenai Temuan Cacing pada Produk Ikan Kaleng.

Tapi, jangan panik bro! Bapak Purwiyatno Hariyadi (Guru Besar Teknologi Pangan, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor) berdasarkan keterangan yang dikutip dari situs CNN Indonesia, mengungkapkan bahwa cacing-cacing yang ada dalam produk ikan kaleng tidak berbahaya, sebab telah mati ketika melalui serangkaian proses produksi.

"Ikan kalengan itu melalui serangkaian produksi, tentu sudah mati ketika cacing itu ikut masuk ke kaleng," kata Pak Purwiyatno ketika berada di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Sabtu, 31 Maret.

Dan, tahukah kawan-kawan semua, bahwa cacing-cacing ini adalah fauna normal yang umum ada di lautan. Namun, secara tak sengaja masuk ke dalam tubuh ikan sarden.

Yaa, mungkin aja ikan sardennya lagi laper, nemu cacing melayang-layang dimakan dah sama dia!

"Cacing itu sebenarnya given, secara natural dari alam. Dan adanya cacing di kaleng itu juga ya by accident" kata Pak Purwiyatno.

Yup begitulah kawan-kawan! Walaupun ada cacing dalam sarden kita, tetaplah berfikir positif, dan cobalah menganggap cacing-cacing di sarden itu sebagai asupan protein tambahan bagi dirimu.

Berita ini, saya kutip dari CNN Indonesia.

Komentar