Langsung ke konten utama

Monopoli Informasi?

Waktu itu, setelah tahu data-data dari Arie (aku berutang-budi banyak padanya) aku langsung memutuskan untuk menggunakan setidaknya dua kriteria dalam menyusun daftar pilihan kampus SNMPTN.

Yang pertama, aku hanya mau masuk jurusan Biologi di PTN ternama (asek ternama dah wkk). Yang kedua, aku hanya akan pilih jurusan lain di PTN yang biasa aja.

Nah, waktu itu, kriteria ternama atau tidak sebenarnya aku juga kekurangan info. Aku hanya tahu bahwa rata-rata orang pingin masuk ITB, UI, UGM, UNPAD, UNDIP karena ya itu semua PTN favorit. Makanya, pilihan kesatu-dua pun aku hanya menentukannya diantara PTN-PTN tersebut.

Sementara itu, jurusan apa yang aku pilih di PTN-PTN yang biasa aja?

Ya tentu: farmasi, teknologi pangan (Yes, I interested too in this field), dan jurusan-jurusan lain. Ga inget wkwk

Tapi yang jelas, informasi data dan NRM dari si Arie waktu itu berguna banget. Dan, aku saat itu, menyadari betul bahwa informasi yang hanya dibuat eksklusif untuk murid bimbel itu sangat tidak adil untuk yang solo-player seperti saya dan teman-teman yang lain. 😏

Komentar