Langsung ke konten utama

Obrolan di Twitter soal Jual Beli Properti Rumah dan Tanah

 "Makanya kalo beli rumah tuh yg udah ada sertifikatnya..."

Pasti ud aman? Blm tentu. Biasakan kalo beli rumah diawal selalu lakukan cek intip sertifikat ke BPN. Ini utk ngecek apakah sertifikat yg mau kita beli itu lg dlm sengketa atau tdk. Minta tlg notaris kalo bingung.

Indikasinya biasanya terlihat dr ada / tidaknya blokiran terhadap sertifikat tsb yg menandakan ada permasalahan yg sedang berjalan terkait ssrtifikat tsb.

Beli rumah jgn keburu napsu, apalagi liat harga miring, lokasi bagus, main sikat beli cash langsung AJB.

Pas mau dibalik nama eh masih sengketa ternyata.

Apalagi kalo punya rumah ngga dibuat buat sertifikat hak milik, lama ngga dibuat bisa tiba tiba ada orang lain yg bikin.

Di beberapa bank, utk kpr unit properti yg bekerjasama dgn developer biasanya sdh ada PKS induk antara bank dan developernya. Jd aspek legalnya sdh clean n clear di awal. (reply to) berarti lebih aman klo yg bisa kpr ya krn pasti bank akan cek legalitas dan semacam nya dlu sebelum akad

(NOTIF BLOKIR)

Kadang tidak ada sengketa saja ada notif blokir.

Terjadi pada tanah bapak sy, dekat rumah, seumur² tidak pernah ada masalah dgn orang lain, tdk pernah ada rencana dijual, pas kmrin mau dihibahkan anak²nya, ada catatan pemblokiran yg entah darimana asalnya atau siapa yg melaporkan

Iyes, alasan blokir bs macam2 di BPN. Ya sengketa jg salah satunya.

Nah itu mas, sy tanyakan notaris jg ga jelas alasan blokir dan siapa yg mengajukan.

Untungnya sdh teratasi dan tidak/belum diminta tambahan biaya buat buka blokir tsb. Semoga tidak perlu keluar biaya tambahan

Permohonan blokir itu ada due datenya, kalo ga ditindaklanjuti sm si pemohon ya blokirnya bakal ilang sih. Yg repot kalo lanjut diproses sm pemohon.

Cmiiw, blokir itu hitungan bulan kok. 1-3 bulan aja. Jd kalo belum tuntas, kudu diperpanjang blokirnya. (Case: Kita blokir duluan ketika ada orang ngaku2 punya bukti kepemilikan).

CEK NOTARIS PPAT RESMI http://atrbpn.go.id/

Komentar